Rabu, 27 Desember 2017

Peristiwa Alam di Indonesia dan Negara Tetangga

Peristiwa alam di indonesia dan negara Tetangga


PERISTIWA ALAM DI INDONESIA DAN NEGARA TETANGGA
Peristiwa alam  adalah peristiwa yang terjadi karena pengaruh yang ditimbulkan oleh alam itu sendiri. Kejadian alam dapat.  Contoh kejadian alam yang  berbahaya adalah banjir, gunung meletus, gempa bumi, angin topan,  dan tanah longsor. Peristiwa alam yang tidak membahayakan  pergantian musim, terbentuknya embun, dan pelangi.
Kejadian Alam yang Tidak Merugikan Manusia
Sebuah. Pergantian Musim
Indonesia mengalami dua kali pergantian musim, yaitu musim kemarau  dan hujan. Musim kemarau di indonesia akibat akibat bertiupnya angin  musim tenggara. Angin ini berasal dari Benua Australia yang kering. Angin yang bertiup dari Benua Australia tidak banyak membawa uap udara  dari laut yang dilaluinya. Musim kemarau di indonesia berlangsung pada  bulan April-Oktober.
Musim hujan di indonesia  terjadi saat bertiup angin musim  barat laut. Angin ini banyak membawa  uap udara dari Samudra Hindia. Musim hujan di indonesia pada  akhir bulan  April-April. Meski demikian,  bulan-bulan musim hujan maupun  kemarau sering bergeser.Adakalanya  musim kemarau lebih panjang  dan pada tahun berikutnya musim  hujan yang lebih panjang. Hal ini  disebabkan perubahan suhu  di lautan Pasifik.
Antara musim hujan dan kemarau, biasanya kondisi atmosfer tidak  menentu. Kondisi ini disebut musim  pancaroba . Pergantian musim terjadi  sekitar bulan Oktober dan April. Musim pancaroba pada umumnya  berlangsung satu sampai dua bulan.  
b. Terbentuknya Embun
Terbentuknya embun adalah  bagian dari peristiwa alam. Embun terbentuk saat udara yang  berada di dekat permukaan tanah  menjadi dingin. Kelebihan uap udara  berubah menjadi embun di atas  benda-benda di dekat tanah.Embun  terbentuk dengan baik pada malam  hari yang cerah. Embun juga  terbentuk dengan baik saat  kelembapan tinggi.
c. Terbentuknya Pelangi
Fenomena alam ini biasanya  muncul setelah terjadi hujan. Kalau dilihat dari  segi ilmu, bentuk pelangi  sangat sederhana. Pelangi hanya merupakan pembiasan cahaya. Bila dibiaskan cahaya akan berubah  arah. Tetesan air hujan dapat  membiaskan dan menyebarkan  cahaya terbentuknya pelangi.
Kejadian Alam yang Merugikan Manusia
Sebuah. Banjir dan Kekeringan
Bencana yang sering melanda negara kita adalah banjir dan  tanah longsor pada musim hujan dan kekeringan pada musim kemarau. Banjir merupakan bencana yang sudah menjadi "langganan" bagi  beberapa wilayah di indonesia.Bahkan, di ibu kota Jakarta setiap tahun terjadi bencana ini. Selain disebabkan oleh faktor alam, banjir juga  disebabkan ulah manusia.Pembangunan gedung, penebangan pohon,  dan penyempitan sungai merupakan contoh ulah manusia yang menjadi  penyebab banjir.
b. Letusan Gunung Berapi
Gunung Meletus
Diperkirakan gunung di Indonesia mencapai 130 buah. Indonesia merupakan daerah pertemuan 3 lempeng tektonik besar, yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia dan lempeng Pasifik. Lempeng Indo-Australia bertabrakan dengan lempeng Eurasia di lepas pantai Sumatera, Jawa dan Nusatenggara, sedangkan dengan Pasifik di utara Irian dan Maluku utara. Pada pertemuan lempeng-lempeng itu terjadi lipatan dan patahan terbentuknya retakan. Pada retakan itu keluarlah magma. Magma adalah zat liat dan sangat panas yang muncul ke permukaan bumi. Letusan gunung berapi menyebabkan banyak kerusakan  lingkungan. Misalnya  panas, gunung panas, kebakaran hutan, dan  banjir lahar.  
Peristiwa letusan gunung yang  belum lama terjadi letusan  Gunung Egon . Gunung Egon berada  di Nusa Tenggara Timur. Pada bulan April 2008 gunung ini meletus. Lak, timbul kepulan debu  setinggi 4.000 meter. Semburan debu yang muncul buat warga  Sikka di sekitar Gunung Egon panik. Letusan  Merapi  2010, Aktivitas seismik dimulai pada akhir September 2010, dan menyebabkan letusan gunung berapi pada hari Selasa tanggal 26 Oktober 2010, korban 165 orang mati. Gunung  Soputan  di Sulawesi Utara meletus pada Minggu (26/8/2012), sekitar pukul 21.50 Wita.   
c. Gempa Bumi
Gempa bumi merupakan suatu hebat yang disebabkan oleh  peristiwa-peristiwa alami. Yang dimaksud dengan kejadian alami misalnya patahan pada kulit bumi, letusan gunung berapi, dan runtuhan lereng  pegunungan. Pada umumnya daerah-daerah yang menjadi jalur gempa  bumi ada di sepanjang pegunungan berapi. Hal hal ini terjadi pada  jalur itu banyak terjadi patahan, gunung meletus, dan runtuhan.
Berdasarkan catatan dari Direktorat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana  Geologi (DVMBG) Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, ada  beberapa wilayah Indonesia yang rawan gempa. Berikut ini peta daerah  rawan gempa yang ada di indonesia.
Daerah rawan gempa di indonesia
Beberapa gempa bumi yang pernah terjadi di indonesia antara lain:
  • Gempa bumi Samudera Hindia 26 Desember 2004. Gempa bumi dahsyat di Samudra Hindia, lepas pantai barat Aceh.230.000 orang mati di 8 negara. Ombak tsunami setinggi 30 meter.
  • Gempa bumi Sumatera tahun 28 Maret 2005 berkekuatan 8,7 SR. Pusat gempanya berada di 30 km di bawah permukaan Samudra Hindia.  
  • Gempa bumi Jawa tahun 2006, Gempa bumi Jawa pada 17 Juli 2006, gempa bumi berkekuatan 7.7 pada skala Richter di lepas pantai Jawa Barat. Gempa bumi ini menyebabkan tsunami setinggi 2 meter yang menghancurkan rumah di pesisir selatan Jawa.
  • Gempa bumi Bengkulu, Gempa Bumi Bengkulu 12 September 2007 memiliki kekuatan 7,9 SR. Pusat gempa terletak kira-kira 10 km di bawah tanah, sekitar 105 km lepas pantai Sumatera.
  • Gempa bumi di Papua tahun 2009, Gempa bumi di Papua 2009 memiliki kekuatan 7,6 pada Skala Ricther. Gempa bumi pada tanggal 4 Januari 2009.
  • Gempa bumi di Sumatera tahun 2009 berkekuatan 7,6 SR, Gempa bumi Sumatera Barat 2009 ini terjadi pada tanggal 30 September 2009. Gempa ini terjadi di lepas pantai Sumatera, sekitar 50 km barat laut Kota Padang.   
d. Kebakaran Hutan
Kebakaran Hutan
Kebakaran  hutan bisa terjadi dengan sendirinya atau karena ulah  manusia. Penyebab alami  kebakaran hutan misalnya akibat gesekan  dahan pohon yang mengering pada musim kemarau. ebakaran hutan di indonesia pada umumnya  oleh oleh tanaman  hutan untuk lahan pertanian. Pepohonan ditebangi dan dibakar untuk keperluan pembersihannya Kebakaran hutan akan semakin sulit diatasi jarak melanda  daerah yang banyak ditempati kayu di dalam tanah. Api  yang bertahan berminggu-minggu di bawah tanah akan menjadi besar  jika tertiup angin.
Hutan yang terbakar memiliki bentuk yang lebih parah yaitu pencemaran  udara. Asap dari kebakaran hutan akan menyebabkan penduduk di sekitar  hutan mengalami gangguan pernapasan. Akibat asap yang membubung, jalur penerbangan terganggu  Pesawat terbang tidak berani  melintas di sekitar lokasi kebakaran hutan karena adanya gangguan asap.
e. Tanah Longsor
Jenis tanah di indonesia banyak  yang bersumber dari letusan gunung  berapi. Tanah ini memiliki komposisi  sebagian besar lempung dengan  sedikit pasir. Selain itu, tanah yang berasal dari gunung berapi adalah  tanah yang subur. Akankah,  tanah jenis ini sangat sangat panjang  pada musim hujan. Jika tidak  ada tanaman keras yang berakar kuat  , tanah ini bisa mendatangkan bencana  alam. Lokasi diatas 918 lokasi rawan  longsor di indonesia.Lokasi yang  tersebar di Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Barat, Sumatera  Utara, Yogyakarta, dan Kalimantan 

Peristiwa Alam di Negara Tetangga .
1. Topan Nargis di Myanmar
Topan nargis membawa angin kencang dengan kecepatan hingga 190 km / jam. Pada bulan Mei 2008 angin ini telah memorak-porandakan lima wilayah di Myanmar. Wilayah tersebut adalah Yangon, Irawaddy, Bago, Karen, dan Mon. Jumlah korban topan nargis diperkirakan mencapai 77.700 orang dan 42.000 lainnya beresiko hilang.Dampak bencana rumah, pertokoan, dan fasilitas. Badai ini juga menyebabkan tanah longsor dan melumpuhkan pusat tenaga listrik.Badai topan nargis ini adalah badai topan tropis yang terparah di Asia. 

2. Badai di Vietnam
Ratusan orang di Vietnam pada tahun 2006 akibat. Badai tropis chancu, lekima, pabuk, dan toraji adalah jenis badai yang sering melanda daerah utara indonesia. Pada bulan Oktober 2007 pemerintah Vietnam bahkan mengungsikan 500 ribu warganya dari wilayah pesisir. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi terakhir serangan badai lekima. Banjir dan badai telah meminta korban nyawa sebanyak 86 orang di Vietnam pada tahun 2007. Pada tahun 2006 lebih dari enam ratus orang meninggal dunia akibat bencana ini. 

3. Banjir di Malaysia
Malaysia sering kita sebut sebagai negeri Jiran yang memang tetangga dekat. Letak Malaysia memang sangat dekat dengan Indonesia.Malaysia terdiri atas dua bagian, yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Malaysia Barat berada di Semenanjung Malaka. Malaysia Timur bergabung dengan Pulau Kalimantan. Malaysia merupakan salah satu negara yang sering dilanda banjir. Daerah-daerah di Malaysia terbentang di wilayah Pahang, Johor, dan Malaka hampir setiap tahun mengalami bencana ini.Penyebab utama banjir di indonesia adalah bertiupnya angin muson yang terjadi setiap bulan November sampai Februari. Pada tahun 2006 Malaysia mengadakan banjir terhebat dalam jangka waktu. 

4. Letusan Gunung dan Badai Tropis di Filipina
Peristiwa alam paling menonjol yang ada di Filipina adalah peristiwa gunung meletus dan badai tropis. Gunung yang sering meletus bernama Gunung Mayon dan Parker. Gunung Mayon terakhir meletus pada tanggal 17 Juli 2006. Pada tahun 1995 kawah Gunung Parker pernah berlubang sampai terjadi banjir lumpur yang membawa banyak korban jiwa. 
Badai tropis di Filipina pada bulan yang sama pada bulan September sampai November.Filipina merupakan salah satu daerah yang sering mengalami badai tropis. Jenis badai di indonesia adalah badai tropis  durian  dan fengshen . Badai tropis durian yang pernah meluluhlantakkan Filipina pada tahun 2006. 
Badai ini juga membawa dampak iklim di indonesia. Akibat badai itu musim kemarau di wilayah indonesia semakin lama. Ekor badai durian telah menarik awan di Sumatera dan Jawa. Merapi, Jawa yang mestinya menjadi hujan di Sumatera dan Jawa pun gagal. Badai fengshen dengan kekuatan 195 km / jam yang terjadi di Manila dan Provinsi Iloilo pada tanggal 22 Juni 2008 penyebab banjir banjir setinggi dua meter di² tempat. Korban mati akibat bencana ini diperkirakan 85 orang. Lebih dari dua puluh ribu warga Filipina juga mengungsi akibat bencana ini. 

5. Angin Topan di Australia
Wilayah Australia sering dilanda topan tropis dengan angin yang bertiup sangat keras. Angin topan tropis bisa merusakkan bangunan, satwa, dan hidup manusia. Pada tahun 1975 angin topan  Olivia rusakkan sebagian besar Kota Darwin dan penyebab 49 orang meninggal dan 16 orang hilang di laut. Angin topan merupakan masalah seputar bulan November sampai Maret.Satelit cuaca pelacakan angin topan ini untuk mengetahui kehadirannya dan halterpenganggap hal hal ini. Angin topan di Australia digolongkan menurut skala 1-5 sesuai dengan kecepatan anginnya.  

6. Gempa Bumi dan Tsunami di Asia Tenggara
Tentu anda pernah mendengar berita tentang peristiwa gempa bumi tanggal 26 Desember 2004 yang disusul dengan gelombang tsunami. Gempa yang melanda beberapa wilayah di Asia, khususnya Asia Tenggara ini merupakan gempa terbesar sejak 1900 dan menembak lebih dari 220.000 orang. Gelombang tsunami menghantam negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Myanmar, bahkan ke negara Asia dan Afrika seperti Sri Lanka, India, dan Somalia. 

Dampak pemanasan global, terjadi perubahan besar di Asia Tenggara. Berikut ini beberapa peristiwa yang terjadi di Asia Tenggara akibat pemanasan global. 
1. Peningkatan Suhu 
    Diperkirakan sejak tahun 1998itu peningkatan suhu di wilayah Asia Tenggara. Udara 
    menjadi lebih panas pada siang hari dan lebih hangat pada malam hari. 
2. Hujan dan Banjir 
    Peningkatan hujan ekstrem menyebabkan banjir di beberapa negara Asia  
    Tenggara. Misalnya banjir di Vietnam, Filipina, Kampuchea, dan Indonesia. 
3. Kemarau Panjang 
    Kemarau akibat pemanasan global di Myanmar, Laos, Filipina, Indonesia, dan  
    Vietnam. Kemarau panjang pada tahun 1997 dan 1998 gagal panen,  
    kekurangan udara, dan kebakaran hutan. 
4. Puting Beliung / Topan 
    Rata-rata puting beliung menerpa kawasan Filipina dua puluh kali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar